Rabu, 24 Mei 2017

8

Pendidikan Ilmu Komputer Tentang Page Setup Pada Microsoft Word Dan Date, Datevalue, Dan Edate





Dosen Pengampu : Ust. Ferry Heryadi
Semester : IV. PAI. B
Disusun Oleh : Kelompok VIII
1.      Erry Fajri
2.      Pina Destiana
3.      Sri Hartati


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIAH(STITQI)
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN
TAHUN AKADEMIK 2016/2017

A .Cara Mengatur Page Setup Pada Microsoft Word  
Page setup padamicrososft word berfungsiuntukmengatur margin ataujarakatas, bawah, kiridankanankertas, tujuannyaadalahjikakitamenjilidkertastersebut, makatulisanpadakertastersebuttidaktertutupidanselainituakankelihatanlebihbagus.
Page setup jugabiaskitagunakanuntukmengaturukurankertasdanukurankertas yang biasanyadigunakanadalah A4 dan legal.Untukmengatur margin pada page setup Microsoft word biasdilakukandalamduacara, pertamaklik page layout laluklik page setup sepertipadagambar di bawahini:
Selainitubiasjugamenggunakankunci shortcut yaitudenganmenekanAlt+P+S+Pmakaakanmuncul form untukmegubah page setup sepertipadagambar di bawahini:
Adapunpenjelasanuntuktampilan page setup di atasadalah:
Top                        : untukmengaturjarakbagianataskertas
Bottom                  : untukmengaturjarakbagianbawahkertas
Left                       : untukmengaturbagiankirikertas
Right                     : untukmengaturbagiankanankertas
Portrait                  : untukmengaturkertasdalamposisi vertical
Landscape             : untukmengaturkertasdalamposisi horizontal                    
Klik ok setelahandaselesaimengatur margin.(Purnomo, Catur Hadi:2007)
Selainmengatur margin kitajugabiasmengaturukurankertasseperti A4 untukkertasukuranpendekdanlegal.Untukkertasukuran polio yaitulebihpanjang di banding A4.Caranyacukupmudahandatinggalmengklik menu paper di sebelah menu margin pada page setup untuklebihjelasnyadapatdilihatpadagambar di bawahini:
Klik ok setelahandamenggantiukurankertas yang andainginkan.


Adapun menu-menu perintah yang terdapatpada page setup yaitu:
1)      Margin                   : digunakanuntukmengaturbatasteks di halamandokumen
2)      Orientations          : digunakanuntukmengaturposisikertas
3)      Size                       : digunakanuntukmengaturukuranhalaman
4)      Colums                  : digunakanuntukmengaturjumlahkolomteks
5)      Breaks                   :digunakanuntukmengaturkontinuitashalamanmaupunkolomteks
6)      Line numbers        : digunakanuntukmengaturkontinuitasnomorbaristeks
7)      Hypenation           : digunakanuntukmemisahkansuku kata dengantandahubungsecaraotomatis
B . Date Pada Microsoft Excel
Fungsi date mengembalikannomorseriberurutan yang menunjukkantanggaltertentu.
Date    : tahun, bulan, hari
Fungsi date memilikiargumentberikut :          
1.    Tahundiperlukan. Nilaiargumenttahunbiasmenyertakansatuhingga 4 digit. Excel accesmenginterpretasikanargumenttahunsesuaidengantanggal system computer andamenggunakan. Secaradefault, Microsoft exceluntuk windows menggunakan system tanggal 1900, yang berartitanggalpertama 1 Januari 1900.
§  Jikatahunadalahantara 0 (nol) dan 1899 (termasuk), excel menambahkannilaiituke 1900 untukmenghitungtahun. Misalnya, DATE(108 , 1, 2) mengembalikan 2 Januari 2008 (1900+108)
§  Jikatahunadalahantara 1900 dan 1999 (termasuk), excel menggunakannilaiitusebagaitahun. MisalnyaDATE(2008 , 1 , 2 ) mengembalikan 2 Januari 2008.
§  Jikatahunkurangdari 0 ataudiisi 10000 ataulebih, excel akanmengembalikannilaikesalahan #NUM!.
2.    Bulandiperlukan. Bilanganbulatpositifataunegatif yang menyatakanbulandaritahuntersebudari 1 sampai 12 (JanuarisampaiDesember)
§  Jikabulanlebihbesardari 12, bulanmenambahkanjumlahbulanitukebulanpertamapadatahun yang ditentukan. Misalnya, DATE(2008 , 14 , 2) mengembalikannomorseri yang menyatakan 2 Februari 2009
§  Jikabulankurangdari 1, bulanmengurangibesarannomorbulanitu, ditambah1, daribulanpertamadaritahun yang ditentukan. MisalnyaDATE(2008 , -3 , 2)mengembalikannomorseri yang menyatakan 2 September 2007.
3.    Haridiperlukan. Bilanganbulatpositifataunegatif yang menyatakantanggalbulandari 1 sampai 31.
§  Jikatanggallebihdarijumlahharidalambulan yang ditentukan, tanggalmenambahkanjumlahharikeharipertamadalambulantersebut. Misalnya, DATE(2008 , 1, 35) mengembalikannomorseri yang menyatakan 4 Februari 2008
§  Jikatanggalkurangdari 1, harimengurangibesaranjumlahhariitu, ditambahsatu, dariharipertamadaribulan yang ditentukan. Misalnya, DATE(2008 , 1 , -15) mengembalikannomorseri yang menyatakan 16 Desember 2007.
Contohcaramenggabungkantahun:
Misalnya : =DATE(C2,A2,B2) menggabungkantahundarisel C2, bulandarisel A2, danharidarisel B2 danmenempatkanmerekakedalamsatuselsebagaitanggal. Contoh di bawahinimemperlihatkanhasilakhir di sel D2.
C .DatevaluePada Microsoft Excel
Fungsidatevaluemengonversitanggal yang di simpansebagaitekskenomorseri yang dikenal excel sebagaitanggal. Misalnya, rumus =DATEVALUE(“1/1/2008”) mengembalikan 39448, nomorseritanggal 1/1/2008. Akan tetapi, ingatlahbahwapengaturantanggal system computer andamungkinmenyebabkanhasilfungsi DATEVALUE berbedadaricontohini.
Fungsidatevaluememiliki argument:
Date_textdiperlukan. Text yang menyatakantanggaldalam format tanggal excel, ataureferensikeselberisiteks yang menyatakan tanggaldalam format tanggal excel. Misalnya, “1/30/2008” atau “30-Jan-2008” adalah string teks dalamtandakutip yang menyatakantanggal.(Saepuloh:2008)
D .EdatePada Microsoft Excel
Fungsiedateuntukmenambahataumengurangibulankeataudaritanggal.Fungsiedatemembutuhkan duanilai(disebutsebagai argument): tanggalmulaidanjumlahbulanataumengurangi. Untukmengurangibulan, masukkanangka negative sebagaiargumen, kedua(misalnya, =EDATE(“2/15/10”,-5). Hasilrumusiniadalahtanggal 9/15/09.Andadapatmenentukannilaidaritanggalmulaibaikdenganmengacukesel yang berisinilaitanggalataudenganmemasukkantanggaldalamtandakutip, seperti “2/15/10”.
Sebagaicontoh, misalkanandainginmenambahkan 16 bulanke data 16 Oktober 2009.Padasel A5, isikan data 10/16/09.

Padasel B5, isikanrumus =EDATE(A5,16). Fungsimenggunakannilaidalamsel A5, isikanrumus =EDATE(“10/16/09”). Dalamhalini, fungsimenggunakantanggal yang andamasukkansecara langsung,”10/16/09.”sel B5 dan C5 berduaharusmenunjukkantanggal 2/16/11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah ashabul kahfi

Pada suatu zaman di sebuan negeri bernama Efesus hiduplah 7 orang pemuda di tengah masyarakat yang musrik dan raja yang kejam. Sehari-hari...